Memahami Fungsi dan Karakteristik Media Sosial: Mana yang Cocok untuk Bisnis Anda?

Akeno, Media Sosial Marketing –  Setelah mengetahui manfaat Media Sosial untuk kebutuhan bisnis dan juga merancang Strategi Bisnis Melalui Media Sosial, Akeno tidak hentinya memberikan Anda informasi penting untuk meng-upgrade pengetahuan Media Sosial untuk Anda.

Akeno akan memberikan informasi tentang bagaimana cara menentukan media social yang cocok untuk bisnis Anda.

Kenapa Kita perlu menentukan pilihan media social? Karena tidak semua Media Sosial cocok untuk bisnis Anda.

Seperti halnya bermasyarakat, dalam media social juga memiliki sebuah phisikologi tersendiri disetiap masing-masing media social. Sebagai contoh, para pengguna facebook belum tentu suka dengan twitter atau sebaliknya.

Sebelum menentukan jenis media sosial yang sesuai dengan tujuan bisnis, ketahui dulu …

Grafik Perbandingan Media Sosial Berdasarkan Jumlah Pengguna Aktif

Dari laporan Digital 2016 yang dibuat oleh We Are Social, berikut ini adalah urutan media sosial yang paling aktif di Indonesia.

  1. Facebook
  2. Google+
  3. Twitter
  4. Instagram
  5. Pinterest

Dari data di atas, mungkin dapat disimpulkan kalau Facebook menjadi media sosial terbaik? Belum tentu. Semua tergantung peran dari social media yang  digunakan.

Untuk itu Anda harus mengetahui dengan jelas peran dari masing-masing media sosial! Lihat gambar berikut.

Facebook boleh saja menjadi media sosial terbaik dengan jumlah pengguna aktif terbanyak, namun peran media sosial lainnya juga penting bagi bisnis Anda. Berikut saya jelaskan satu per satu:

  1. Facebook

Facebook adalah salah satu jenis social media yang paling powerful. Selain memiliki lebih dari satu milyar pengguna, Anda juga bisa mengupload konten berupa teks, gambar, video dan link.

Selain itu, Anda bisa membuat Facebook fan page secara mudah untuk marketing bisnis Anda!

Facebook tidak hanya sebagai media marketing saja, tetapi juga sebagai sarana untuk Anda berkomunikasi dengan customer.

Oleh karena itu, hampir semua jenis usaha memerlukan akun Facebook karena social media ini memberikan tempat untuk Anda berkomunikasi secara jelas kepada pembaca. Komunikasi dapat berupa gambar, link, informasi teks, video, dan lain-lain.

Anda juga beriklan untuk mempromosikan konten Anda kepada jenis pembaca yang tepat melalui fan page yang Anda buat.

2. Twiter

Jenis media sosial yang satu ini sangat berbeda dengan facebook. Twitter berbasis micro blogging dengan konten yang terbatas, hanya 140 karakter.

Peranan media sosial Twitter lebih cocok digunakan untuk membagikan informasi terkini, update, pertanyaan, polling dan opini kepada customer.

Twitter adalah cara Anda untuk terhubung dengan customer secara cepat.

Jadi apabila usaha Anda berupa platform berita yang ingin membagikan informasi secara cepat kepada pembaca, Twitter adalah media sosial yang tepat.

3. Instagram

Jika bisnis Anda memerlukan social media yang banyak menggunakan konten gambar dan video, maka Instagram lah jenis social media yang tepat.

Selain untuk menunjukan kegiatan bisnisnya dalam bentuk gambar dan video berdurasi hingga 60 detik, informasi lain pun bisa ditambahkan melalui caption dan #hashtag yang tersedia.

Instagram banyak sekali digunakan oleh online shop karena mereka dapat dengan mudah memajang barang dagangan mereka secara mudah kepada jutaan pelanggan.

Jadi, apabila Anda merasa jenis bisnis Anda tidak bisa dipromosikan melalui gambar atau video, sebaiknya Anda jangan terlalu banyak membuang waktu menggunakan Instagram (walaupun tetap disarankan Anda memiliki akun-nya)

4. Google+

Jenis media sosial yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang ingin memperoleh peringkat terbaik dalam mesin pencari Google.

Sebagai pemilik bisnis online, Anda pasti memiliki website yang harus menduduki posisi teratas.

Karena Google+ dan Google Search Engine adalah milik Google, maka sudah pasti website yang membagikan konten melalui Google+ akan lebih diutamakan. Oleh karena itu sebaiknya gunakan Google+ sebagai penunjang SEO website bisnis.

5. Pinterest

Pinterest memungkinkan Anda untuk mengunggah konten berupa foto dan video ke dalam pinboard.

Peranan media sosial ini sangat cocok untuk strategi marketing yang mengutamakan visual image seperti wedding organizer, agen wisata, interior design, fashion, dan makanan.

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui perbedaan dari beberapa jenis media sosial.

Jika disimpulkan ternyata peranan media sosial itu berbeda-beda. Ada yang fokus pada hal visual, teks, komunikasi, SEO dan lainnya.

Jadi sekarang Anda sudah menemukan Media Sosial yang mana yang tepat untuk bisnis Anda. Selamat mencoba.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *