4 Cara Strategi Bisnis Melalui Media Sosial untuk Kesuksesan Bisnis yang Anda Bangun

Akeno, Media Sosial Marketing – Manfaat Media Sosial yang dari hari ke hari terus dirasakan oleh penggunanya membuat semua orang tertarik untuk melakukan Pemasaran Bisnis. Tidak hanya produk saja yang dapat dipasarkan, melainkan facebook juga dapat melakukan Branding Bisnis yang Kita Bangun.

Kali ini Akeno akan membahas tentang bagaimana cara Strategi Bisnis Melalui Media Sosial untuk kesuksesan Bisnis yang sedang anda Bangun.

Bicara soal pemasaran bisnis melalui Media Sosial, Anda akan tidak asing mendengar istilah, Social media analytics tools. Karena Sosial media analytics tools akan membantu Anda melihat apakah sebanding usaha yang Anda keluarkan dibanding hasil yang didapat.

Satu hal yang banyak orang lakukan dalam mengolah social media adalah tidak melakukan analisis terlebih dahulu sebelum pembuatan konten, sehingga konten yang dibuat tidak memiliki daya tarik oleh konsumen.

Nggak enak banget kan, kalau Anda menghabiskan waktu 1 hari untuk mengedit video dan hasilnya hanya 10 orang saja yang menonton?.

Dalam menganalisa Media Sosial akan banyak data atau matrics yang dapat Anda analisa, untuk Anda ketahui data apa saja yang penting atau tidak penting yang menguntungkan bisnis Anda.

Oleh karena itu Akeno akan memberi penjelasan tentang metrics, multiple accounts, dan beragam analytics tools untuk Media Sosial.

Penjelasan Tentang Social Media Metrics

Untuk mengetahui metrics apa saja yang Anda butuhkan, ada baiknya dimulai dengan mengetahui definisinya:

  • Conversion : jumlah orang yang telah mencapai hasil yang diinginkan.
  • Leads : potential conversion, termasuk orang-orang yang tertarik untuk membeli produk bisnis.
  • Engagement : jumlah like, share dan komentar pada sebuah post.
  • Reach : jumlah audience yang berkomunikasi atau melakukan kontak dengan Anda.
  • Impressions : berapa banyak orang yang melihat post Anda.
  • Funnels : jalur atau proses yang dialami seseorang hingga menjadi customer.
  • Visits vs unique visits : jumlah orang yang mengunjungi suatu website (visits), orang yang mengunjungi website Anda hanya sekali dan untuk yang pertama kalinya (unique visits).
  • Bounce rate : persentase orang yang mengunjungi satu halaman di website Anda, kemudian langsung pergi tanpa melihat halaman lainnya.
  • Exit rate : persentase orang yang meninggalkan halaman tertentu.
  • Time on site: berapa lama pengunjung melihat website Anda hingga akhirnya pergi.
  • Audience growth rate : perbandingan antara jumlah audience sekarang dan kemarin, minggu lalu, bulan lalu atau tahun lalu.
  • Response rate : berapa lama Anda merespon komentar dari pengunjung.
  • Inbound links : jumlah website luar yang memasang link website Anda

Dengan memahaminya, Anda bisa menentukan metrics apa yang paling Anda butuhkan untuk tracking keberhasilan media sosial bisnis Anda.

Cara Tracking Kesuksesan Social Media Marketing

Sesuai dengan tujuan Anda, Anda dapat melakukan strategi pengukuran  dengan langkah-langkah sederhana.

Dengan menganggap bahwa brand awareness menjadi tolak ukur Anda untuk mengetahui seberapa jauh customer mamahami bisnis Anda.

Ada 4 cara mendasar untuk melakukan pengukuran brand awareness, yaitu social media exposures, engagements, influences, dan leads.

Perhatikan penjelasannya berikut ini:

 

  1. Mengukur Sosial Media Exporse

Dalam media sosial, jumlah potential audience sangat penting, karena angka ini menunjukkan berapa orang yang bisa Anda jual dengan produk Anda.

Berikut cara alternative untuk mengukur persentase audience growth rate.

  • Twitter : Anda bisa melihat jumlah follower dan jumlah follower yang me-retweet pesan Anda setiap bulannya. Bandingkan angka ini dari bulan ke bulan untuk mengetahui apakah ada perkembangan dari audience Anda.
  • Facebook : Catat jumlah fans pada brand page Anda. Setelah melakukan promotion atau campaign, hitung jumlah Facebook friend yang mulai menjadi fans pada brand page Anda.
  • Youtube : Bandingkan jumlah viewer dan subscriber Anda pada rentang waktu tertentu

2. Mengukur engagement

Engagement adalah jumlah interaksi orang dengan pesan atau konten Anda.

Berikut cara mudah melakukan tracking engagement rate.

  • Twitter : Perhatikan jumlah user yang mengklik link Anda, me-retweet/reply konten Anda, menggunakan hashtag Anda, dan mengirim direct message.
  • Facebook : hitung jumlah berapa click, comment, dan/atau share konten Anda.
  • Youtube : Perhatikan jumlah komen dalam video Anda, berapa kali konten tersebut dirate dan dishare, dan berapa jumlah subscriber baru Anda.

3. Tracking influence

Influence merupakan perhitungan subjektif yang bergantung pada perspektif bisnis Anda.

Untuk melihat tingkat influence yang timbul dari campaign social media Anda, bisa Anda gunakan tools seperti Twitalyzer, Social Mention, atau Scoutlabs.

Anda bisa melihat apakah ada “pemain besar” di social media yang berinteraksi dengan brand Anda, atau yang selama ini berinteraksi hanya user dengan followers sedikit.

Mengetahui influence Anda sangat penting karena dengan berinteraksi dengan mereka, hubungan yang Anda ciptakan juga akan menjadi semakin kuat

4. Lead generation funnel

Yang terakhir ini Anda dapat menghitung apakah tujuan Anda tercapai, yaitu menghitung Return on Investment (ROI) dari campaign social media Anda.

Perlu kalian ketahui bahwa exposure, influence, dan engagement merupakan representasi dari brand awareness. Lalu apa yang bisa Anda lakukan dengan orang yang sudah aware dengan brand Anda?

Anda bisa masuk ke tahap lead generation, yaitu tahap mengkonversi orang-orang yang sudah mengenal brand Anda untuk melakukan sesuatu, misalnya melakukan transaksi.

Manfaatkan website bisnis yang Anda miliki, media sosial, email marketing, iklan online dan tentu saja konten yang menarik agar mereka convert menjadi pembeli.

Dengan memahami ROI dari campaign social media marketing Anda, bisa dilihat apakah sebaiknya Anda melanjutkan campaign tersebut atau tidak.

 

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *