6 Cara Optimasi Akun Instagram untuk Meningkatkan Penjualan Anda

 

Akeno – Instagram menjadi salah satu media social yang sangat poluler saat ini. Hal tersebut karena memang Instagram menjadi media yang sangat menyenangkan untuk berbagi eksistensi diri, mulai dari hal-hal pribadi sampai kepada hal-hal yang dapat menjual atau bisa dikatakan yaitu berbisnis.

Apa lagi di Indonesia, pemanfaatan teknologi media social berkembang sangat pesat. Pengguna media social tidak hanya memanfaatkan teknologi berbagi ini menjadi tempat ajang pamer, melainkan juga tempat untuk berjualan atau menawarkan sebuah jasa.

Instagram adalah media social yang juga dapat dimanfaatkan untuk hal tersebut. Memposting photo yang menarik dan memikat dengan tampilan angel yang dibuat begitu menjual, hal tersebut bisa mendatangkan sesama pengguna instagram menjadi ingin membeli atau memakai jasa yang ditawarkan.

Namun yang sudah kita ketahui secara umum, meningkatnya pengguna yang bertransformasi menjadi penjual merupakan tantangan tersendiri untuk bagaimana meningkatkan penjualan atau hanya sekedar mendatangkan pembeli.

Berikut 6 cara yang akan akeno jelaskan bagaimana cara optimasi akun instagram untuk meningkatkan penjualan Anda.

  1. Photo yang Menarik

Berbeda dengan media social seperti facebook atau twitter yang menonjolkan tulisan seperti status atau statement, Instagram mengutamakan sebuah photo yang ditampilkan untuk berbagi bersama pengguna lainnya. Karena itu, jika Anda menginginkan Akun Anda didatangkan pembeli yang banyak, maka postinglah photo-photo yang menarik.

2. Hastag Tertarget Sesuai dengan Produk

Sistem pencarian yang sederhana dalam Instagram sama seperti pada Twitter, yaitu menggunakan pencarian berdasarkan penarian terpopuler, nama pengguna, Tags atau tanda, dan beredarkan tempat. Namun diantara keempat tersebut yang paling efektif adalah menggunakan tag atau hastag. Penggunaan hastag dalam Instagram sangat membantu dalam mengoptimalkan promosi produk Anda ke pengguna Instagram lain.

3. Konsisten dalam Memposting Photo

Banyak akun yang memposting photo yang menarik dan menggunakan hastag yang tertarget sesuai sasaran namun produk tidak kunjung terjual dan laku. Boro-boro terjuan, mendatangkan pembeli saja pun Instagram Anda tidak mampu. Kenapa? Bukanya sudah mengikuti dua cara diatas? Hal tersebut karena dalam postingan Anda, Anda tidak melakukannya secara konsisten, melainkan hanya memposting beberapa kali dalam seminggu, jelas hal tersebut tidak akan mengoptimalkan Instagram Anda. Ada baiknya posting minimal 3 photo setiap harinya.

4. Lakukan Interaksi dengan Pengguna Lain

Berikan love dan komentar pada pengguna Instagram lain sangat membantu untuk mengoptimalkan Instagram yang Anda miliki. Memang terlihatnya sepele, namun apa yang sudah saat lakukan ini sangat bekerja. Terlebih lagi jika dilakukan pada saat jam produktif media social, yaitu sekitar jam 15.00 sampai dengan jam 21.00.

5. Lakukan Endorsement dan Iklan

Ini adalah jurus yang tidak gratis, melainkan Anda perlu mengeluarkan modal untuk melakukannya. Tentunya kedua hal yang saya tuliskan di atas tidak lagi asing di telinga Anda. Lakukan Endorsement pada akun instagram yang sesuai dengan produk Anda, dan nikmati hasilnya. Satu lagi jika sulit mendapatkan endorsement yang tepat,sekarang Instagram memiliki layanan iklan, sama seperti Facebook Ads.

6. Jangan Melulu Berjualan

Tidak semua orang yang mengikuti Akun Anda adalah orang yang ingin membeli. Melainkan ada beberapa yang hanya ingin melihat saja, atau sekedar tetarik saja, sebagian dari akun yang mengikuti akun Anda mereka hanya tertarik oleh isi dari content anda. Oleh karena itu, jangan melulu jualan diinstagram, atau mereka yang setengah tertarik akan kabur. Postinglah photo-photo atau content yang bersifat informasi yang dapat menambah wawasan followers Anda. Namun tentu postingan masih dalam satu tema dengan produk yang Anda jual.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *