5 Cara Strategi Branding Khusus agar Produk Lebih Dikenal

Akeno, Desain Grafis – Selain memiliki produk yang baik dan berkualitas, sebuah produk juga wajib memiliki sebuah nama atau brand yang bagus, berkualitas, dan mudah diingat. Hal tersebut penting agar produk Anda mudah dikenal dan menjadi diminati serta pilihan utama untuk konsumen.

Seperti kata Ken Carbone dari Manhattan design and branding firm Carbone Smolan Agency, Brand adalah magnet yang menarik konsumen kepada produk atau layanan yang kita buat untuk mereka.

Karena memang kesuksesan sebuah bisnis sangat dipengaruhi oleh sebuah Brand atau merk. Brand dapat menentukan kekuatan dari nilai suatu produk dan  menjadi identitas atau pembeda dari produk lain. Jujur saja hampir semua produk memiliki kesamaan dan tujuan yang sama untuk kebutuhan konsumen. Namun hal yang paling mendasar untuk membedakan produk Anda dengan produk pesaing adalah Brand.

Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk memiliki strategi branding  khusus demi produk lebih dikenal dan tentunya mencapai bisnis yang sukses.

Akeno akan menjelaskan beberapa cara strategi Branding khusus agar produk lebih dikenal. Ada beberapa tahapan-tahapan yang perlu Anda jalani demi produk Anda dikenal banyak orang.

  1. Kenali Produk anda Lebih Dalam

Sebelum jauh dalam strategi branding, yang terpenting adalah mengenali produk yang Anda miliki. Karakter apa yang akan ditonjolkan dalam produk Anda. Filosofi apa yang Produk Anda miliki. Dan tentu saja kelebihan apa yang dimiliki oleh produk Anda dengan produk pesaing yang sejenis. Karena hal tersebut yang sangat menentukan layak atau tidaknya produk Anda layak atau tidak diterima oleh masyarakat.

2. Nama Brand Sesuai dengan Target Pasar

Anda tentu memiliki tujuan besar atas Produk yang Anda buat, untuk itu buatlah nama Brand Anda sesuai dengan tujuan produk yang akan Anda kenalkan ke orang banyak. Sesuaikan nama Bran Anda dengan target pasar yang ingin Anda tuju.

3. Buat nama Unik, mudah diucapkan, dan mudah diingat

Sering kali karena kesulitan atau ingin menyesuaikan dengan pasar, banyak produk yang memiliki brand yang sangat umum didengar. Hal tersebut tidak salah, hanya saja konsumen akan sangat merasa biasa dan tidak tertarik dengan nama brand yang Anda buat. Oleh sebab itu buatlah Brand dengan nama yang unik namun mengandung filosofi produk Anda. Mudah diucapkan, dan mudah diingat. Akeno sebutkan satu nama Brand, dan silakan Anda menebaknya, kira-kira Brand ini bergerak dibidang apa? Katasuna.com. Silakan klik jika Anda penasaran.

    4. Munculkan Perbedaan Produk Anda dengan Produk Pesaing

Karena memunculkan kebutuhan konsumen atau solusi yang Anda tawarkan diproduk Anda hal sangat biasa dan umum digunakan oleh produk-produk kompetitor. Sangat penting sekali memunculkan tag line sebuah kelebihan produk Anda dari produk pesaing.

5. Buat Desain Logo yang Mencerminkan Produk Anda

Yang terakhir dan paling terpenting adalah Desain Logo sebuah produk atau perusahaan. Terlalu berpengaruhnya sebuah Logo bagi pengaruh branding, tak ayal banyak produk-produk yang baru meniru logo produk yang sudah terkenal lama. Hal tersebut dilakukan karena dengan begitu poduk mereka lebih cepat dikenal, meski terkesan plagiat dan tidak berkualitas, hal tersebut mendatangkan pembeli yang penasaran. Namun itu bukan hal yang Akeno sarankan untuk Branding produk Anda. Karena percuma sekalipun begitu banyak konsumen yang datang, namun tidak memiliki karakter atau kualitas produk yang baik, maka euphoria produk Anda hanya sementara. Biasanya untuk desain Logo Anda dapat memesanya melalui jasa desain Logo yang sudah professional. Dan Akeno adalah salah satu jasa pembuatan Logo atau densain-desain lainya yang sudah profesianal.

Itulah tadi Cara Strategi Branding Khusus agar Produk Lebih Dikenal. Tips ini hanya membelah dasar-dasar dari element yang terpenting di dunia Branding. Namun akan sangat besar manfaatnya jika Anda melakukanya secara konsisten.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *