5 Cara Optimasi Facebook untuk Meningkatkan Penjualan Anda

 

Akeno – Setelah saya membahas 6 Cara Optimasi Akun Instagram untuk Meningkatkan Penjualan Anda, untuk kesempatan kali ini saya akan membahas facebook sebagai media social untuk meningkatkan penjualan. Apakah sama dengan Instagram atau ada perbedaan, jika memang ada dimana letak perbedaanya. Mari kita lanjutkan.

Untuk mengoptimasi sebuah alat atau apapun hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengenali terlebih dahulu apa yang akan kita optimasi. Hal tersebut perlu Anda lakukan demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Sama tapi berbeda dengan Instagram yang sederhana, facebook yang merupakan pelopor media social ini lebih kompleks dari pada twitter atau media social lainya. Hal tersebut dikarenakan perkembangan Facebook yang sangat dinamis mengikuti permintaan pengguna dan juga meninovasi sendiri aplikasi atau layanan-layanan yang ada di facebook.

Seperti saat ini facebook telah meluncurkan layanan yang bernama Facebook Ads, yaitu layanan iklan facebook komersil yang dapat digunakan untuk mengenalkan produk Anda ke banyak pengguna facebook lainya.

Layanan berbayar ini dikatakan oleh banyak facebooker marketing sangat bermanfaat dan bekerja sesuai dengan keinginan. Namun tentunya dengan modal yang berimbang untuk mendapatkan tempat iklan yang sesuai dengan target Anda. Namun selain berbayar, Anda juga memerlukan trik-trik untuk dapat menemukan pengguna yang tertarget. Oleh sebab itu sebelum membahas itu, Akeno akan membahas yang gratis terlebih dahulu. Yaitu bagaimana cara mengoptimasi facebook untuk meningkatkan penjualan.

  1. Tujukan Bahwa Akun Ada Asli dan Selalu Aktif

Sebelum Anda melakukan banyak hal di facebook pastikan bahwa data yang anda masukkan dalam Facebook merupakan data yang valid. Hal ini penting untuk menghindari block atau akun yang dianggap spam oleh facebook atau oleh pengguna facebook lain. Hal tersebut juga berarti bahwa Anda adalah pengguna asli yang dapat dipercaya. Dan juga perlu untuk update status setiap harinya. Status yang membangkitkan semangat dan informasi umum yang sedang hits merupakan status yang paling banyak disukai dari pada status galau yang tidak jelas.

2. Gunakan Fasilitas Pencarian Facebook

Selanjutnya Anda masuk dalam rana teknis yang memerlukan beberapa pemahaman, namun hal tersebut tidaklah sulit, terlebih lagi jika Anda seorang pengguna sejati Facebook.

Gunakan fasilitas Search atau Pencarian dalam bahasa indonesianya. Dalam fasilitas search facebook lebih kompleks dari pada Instagram. Dan pastikan apa yang Anda cari berhubungan dengan produk yang akan Anda jual. Cari teman, group, dan FansPage yang berpotensi untuk melariskan produk Anda.

3. Tambahkan/ikuti Teman, Group, dan FansPage Sejenis dengan Produk yang Anda Jual

Tambahkan atau ikuti pengguna facebook sesuai dengan target pasar anda. Sebagai contoh, jika anda akan berjulan jilbab atau kaos, pastikan anda menambahkan banyak teman, group, FansPage yang berhubungan dengan jilbab atau Kaos. Jangan malah menambahkan daftar teman yang menyukai produk kesehatan. Hal tersebut salah target.

4. Buat FansPage untuk Dijadikan Toko Online anda

Buat FansPage sebagai toko facebook Anda yang nantinya diisi oleh produk-produk yang akan Anda jual. Namun jangan selalu posting produk, Anda perlu juga memposting artikel atau postingan bermanfaat yang berkaitan dengan produk yang Anda jual. Hal tersebut dilakukan agar pengikut FansPage Anda mendapat informasi yang bermanfaat dan dapat mengedukasi mereka, agar mereka tidak bosan dan meninggalkan FansPage Anda.

5. Jangan Berjualan Kecuali di FansPage Anda

Jangan sekali-kali berjualan di akun Facebook personal Anda, terkecuali Anda menguasai ilmu copy writing yang dapat membuat tulisan berjualan namun seolah-olah Anda tidak berjualan. Jika tidak bisa menguasai ilmu softselling, Anda cukup berjualan di FansPage Anda.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *